SELAMAT DATANG DI SMA NEGERI 2 PKL KERINCI



Ini Alasan Zonasi Diterapkan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru

07 Januari 2015
12:52:21 WIB

Jakarta, Kemendikbud --- Sejak tahun 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan kebijakan zonasi dalam sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB). Mengapa zonasi? Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, melalui zonasi pemerintah ingin melakukan reformasi sekolah secara menyeluruh. Menurutnya, zonasi merupakan salah satu strategi percepatan pemerataan pendidikan yang berkualitas.

“Target kita bukan hanya pemerataan akses pada layanan pendidikan saja, tetapi juga pemerataan kualitas pendidikan,” ujar Mendikbud dalam kegiatan Sosialisasi Peraturan/Kebijakan Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2018, di Jakarta, Rabu (30/5/2018). Mendikbud menuturkan, kebijakan zonasi diambil sebagai respons atas terjadinya “kasta” dalam sistem pendidikan yang selama ini ada karena dilakukannya seleksi kualitas calon peserta didik dalam penerimaan peserta didik baru. “Tidak boleh ada favoritisme. Pola pikir kastanisasi dan favoritisme dalam pendidikan semacam itu harus kita ubah. Seleksi dalam zonasi dibolehkan hanya untuk penempatan (placement),” katanya. Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Hamid Muhammad mengatakan, sistem zonasi telah diimplementasikan secara bertahap sejak tahun 2016 yang diawali dengan penggunaan zonasi untuk penyelenggaraan ujian nasional. Lalu pada tahun 2017 sistem zonasi untuk pertama kalinya diterapkan dalam PPDB, dan disempurnakan di tahun 2018 melalui Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 yang menggantikan Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017 tentang PPDB.

“Pemanfaatan zonasi akan diperluas untuk pemenuhan sarana prasarana, redistribusi dan pembinaan guru, serta pembinaan kesiswaan. Ke depan, sistem zonasi bukan hanya untuk UN dan PPDB, tetapi menyeluruh untuk mengoptimalkan potensi pendidikan dasar dan menengah,” tutur Hamid. Ia menambahkan, Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 diterbitkan untuk mengakomodasi hal-hal yang banyak dikeluhkan dalam Permendikbud sebelumnya, antara lain mengenai jumlah rombongan belajar (rombel) dan jumlah siswa. Dalam penerapan zonasi tahun ini dilakukan penyesuaian jumlah rombel dan jumlah siswa dalam rombel sehingga dapat dicari solusi untuk permasalahan yang terjadi dalam implementasi zonasi pada PPDB tahun lalu.

Terkait penyesuaian jumlah rombel dan jumlah siswa itu, Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, zonasi mempermudah pemetaan kebutuhan siswa di daerah. “Salah satu enaknya zonasi, sekarang seharusnya kepala dinas pendidikan sudah bisa membuat proyeksi tentang kebutuhan siswa baru,” katanya. Ia juga meminta kerja sama pemerintah daerah untuk mempercepat pemerataan pendidikan yang berkualitas, salah satunya dengan melakukan penguatan peran guru dan peningkatan kualitas guru. “Jadi dari MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah), MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), hingga KKG (Kelompok Kerja Guru), semua ada aturannya. Pembinaan guru akan dikonsentrasikan ke situ. MKKS seharusnya punya domain dalam menentukan kuota masing-masing sekolah,” tuturnya. (Desliana Maulipaksi) 

 

sumber : www.kemdikbud.go.id

Share



179 Komentar

    lokasi wisata hemat di jogja 10 Agustus 2018

    artikelnya sudah bagus, di tunggu update terbarunya terimakasih lokasi wisata hemat di jogja

    kaos partai murah bandung 11 Agustus 2018

    baik sekali agan membuat informasi yang bagus seperti ini lanjutkan kaos partai murah bandung

    konveksi kaos partai 11 Agustus 2018

    thanks atas share informasinya semoga bertambah lagi ilmunya konveksi kaos partai

    bikin kaos polo bordir 13 Agustus 2018

    artikelnya sudah bagus, di tunggu update terbarunya terimakasih bikin kaos polo bordir

    jasa bikin kaos partai 13 Agustus 2018

    TQ sob atas infonya jasa bikin kaos partai

    tempat sablon kaos di bandung 13 Agustus 2018

    website ini memberikan segala informasi yang bagus dan bermanfaat tempat sablon kaos di bandung

    jasa bikin seragam partai murah di bandung 13 Agustus 2018

    saya berterimakasih karena website ini selalu memberikan hal menarik kepada kami jasa bikin seragam partai murah di bandung

    Bikin polo shirt 13 Agustus 2018

    sering - sering update artikelnya Bikin polo shirt

    jasa bikin kaos partai di bandung 13 Agustus 2018

    informasi yang bagus sekali semoga info ini bermanfaat jasa bikin kaos partai di bandung

    buat kaos polo bordir 13 Agustus 2018

    terima kasih infonya !!! buat kaos polo bordir

    Awal 123... 18

Form Komentar

Kepala Sekolah SMAN 2 PKL KERINCI



Drs. Wartono, M.Pd.

Google Search

Agenda

' Kegiatan ini terselenggara atas dasar program kerja tahunan dan rapat dewan ...'

Artikel Terpopuler

Perpustakaan SMAN 2 PKL
Ada hari-hari dimana kita merasa tidak memiliki inspirasi,

Berita Terpopuler

Segenap Guru,Tata Usaha, Kariawan dan kariawati SMAN 2 Pkl Kerinci

Video Terpopuler

Facebook Fanpage

Banner