Kadisdik Riau: Sekolah Tak Boleh Larang Siswa Ikut Ujian dengan Alasan Apapun

Meski sudah diingatkan melalui surat pemberitahuan, namun masih saja ada sekolah tingkat SMA di Pekanbaru yang mengancam orang tua siswa tidak akan memberi kartu ujian jika tidak segera membayar uang komite.

Mendengar informasi tersebut Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, Rudyanto dengan tegas menyatakan tidak boleh sekolah menahan kartu ujian anak dengan alasan apapun. Apalagi karena orang tua wali murid belum membayar uang komite.

“Sekolah tidak boleh menahan kartu ujian anak dengan alasan apapun, apalagi karena orang tua siswa belum melunasi uang komite. Kalau belum bayar, ya komite tagih dengan orang tuanya, bukan malah sekolah menahan kartu ujian,” tegasnya.

“Kalau ada sampai anak tak ikut ujian gara-gara belum melunasi uang komite, silahkan laporkan ke saya. Silahkan siswa ikut ujian dan tidak ada satu sekolahpun melarang itu,” sambungnya.

Karena itu, Rudyanto kembali menegaskan hal tersebut sempat terjadi, pihaknya akan memanggil kepala sekolahnya langsung untuk diberi teguran keras.

“Kita kan sudah surati sekolah soal ini. Kalau imbauan kita dilanggar, itu berarti surat saya tak dihiraukan. Tentu kalau ada kepala sekolah seperti itu kita panggil, kalau perlu kita ganti yang melarang siswa ikut ujian.

“Tapi saya kira ini tak mungkin terjadi, karena tak mungkin tega sekolah melakukan itu. Mungkin ini gertakan sekolah saja tidak? Agar orang tua segera membayar uang komite,” tegasnya.

Bagikan :

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email